Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Bangkalan · 3 Agu 2023 04:54 WIB ·

Bapenda Bangkalan Lakukan Penyesuaian NJOP dengan Harga Pasar


 Bapenda Bangkalan Lakukan Penyesuaian NJOP dengan Harga Pasar Perbesar

Bangkalan — Patroli Berita Indonesia

 

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bangkalan menyesuaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) mendekati harga pasar tanah. Hal ini dilakukan agar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang harus dibayar oleh masyarakat, juga mengalami kenaikan.

 

Kepala Bidang (Kabid) Pajak dan Retribusi II Bapenda Bangkalan, Budi Hariyanto mengungkapkan penyesuaian NJOP didesak oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), guna optimalisasi PBB dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

“Melalui forum monitoring center for prevention (MCP) yang dilakukan KPK, daerah diminta melakukan penyesuaian NJOP. Memang secara aturan, harusnya setiap 3 tahun sekali harus dilakukan penyesuaian. Tetapi disini (Bangkalan) tidak pernah melakukan penyesuaian sejak tahun 2014 silam,” ungkapnya.

 

Penyesuaian NJOP yang dilakukan, membuat tanggung jawab PBB yang harus dibayar masyarakat, mengalami peningkatan sesuai dengan harga jual tanah dan bangunan yang dimiliki. Kenaikannya, bervariatif mulai dibawah 100 persen hingga diatasnya.

 

“Tergantung posisinya. Kalau di wilayah kota, juga ada yang naiknya diatas 100 persen, karena memang dari tahun 2014 tidak pernah disesuaikan. Kalau yang di Desa tidak begitu signifikan, karena nilai jualnya juga tidak begitu tinggi,” ujarnya.

 

Totok sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa penyesuaian NJOP berdampak pada target realisasi PBB setiap tahunnya. Dari yang semula Rp 8,3 miliar, meningkat menjadi Rp 8,5 miliar.

 

“Target PBB naik hingga Rp 200 juta, tahun ini targetnya Rp 8,5 miliar. Memang menjadi tantangan bagi kami, karena memang setiap tahunnya juga sulit untuk mencapai 100 persen dari target,” tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PERFORM WUSHU NAROTAMA WARNAI GELAR PEMBUKAAN PORKAB PEMERINTAH KABUPATEN BANGKALAN

5 Mei 2024 - 23:46 WIB

Reuni SMPN2 Bangkalan alumi ’86 bertema “Kerrong apangghi pole” – Kangen bertemu kembali. 

16 April 2024 - 00:25 WIB

KAKI Apresiasi Kasatreskrim polres Bangkalan Tangani Kasus Indikasi Malpraktek di Puskesmas Kedundung Dengan Serius

13 Maret 2024 - 21:11 WIB

DIDUGA MALPRAKTIK SAAT MEMBANTU PERSALINAN, BIDAN PUSKESMAS KEDUNGDUNG KAB, BANGKALAN DI LAPORKAN KE POLRES BANGKALAN

12 Maret 2024 - 12:15 WIB

Tim Supervisi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bidang Teknologi Informasi Dan Kerja Sama Pemasyarakatan Berkunjung ke Rutan Kelas IIB Bangkalan

7 Februari 2024 - 04:52 WIB

LAMBANNYA PENANGANAN PROSES HUKUM PENCEMARAN NAMA BAIK DAN FITNAH LSM KPK NUSANTARA KINERJA POLRES SAMPANG . JADI SOROTAN

19 Januari 2024 - 14:54 WIB

Trending di Bangkalan