Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Surabaya · 9 Agu 2023 09:55 WIB ·

Dirlantas Polda Jatim : Ujian SIM itu Demi Wujud Kamseltibcarlantas Bukan Untuk Mempersulit


 Dirlantas Polda Jatim : Ujian SIM itu Demi Wujud Kamseltibcarlantas Bukan Untuk Mempersulit Perbesar

SURABAYA – Patroli Berita Indonesia

 

Lintasan Ujian Praktek Surat Izin Mengemudi ( SIM) di seluruh jajaran Kepolisian di Indonesia telah dirubah dari lintasan angka 8 menjadi huruf S.

 

Artinya para pemohon tidak terlalu kesulitan pada lintasan yang baru yang telah ditetapkan oleh Koorlantas Polri tersebut.

 

Direktur Lalulintas ( Dirlantas ) pada Direktorat Lalulintas ( Ditlantas ) Polda Jatim, Kombes Pol Muhammad Taslim Chairuddin mengatakan selain uji praktek pemohon SIM tetap akan melalui uji teori.

 

Kombes Taslim menegaskan proses ujian untuk mendapatkan SIM sebenarnya tidak dalam rangka mempersulit, namun lebih kepada wujud menciptakan keamanan,keselamatan,ketertiban dan kelancaran lalulintas ( kamseltibcarlantas) yang tentu diharapkan oleh Masyarakat pengguna jalan.

 

“Ujian SIM itu demi wujud kamseltibcarlantas, bukan untuk mempersulit dan ini wujud kepedulian kami jangan sampai banyak orang meninggal kecelakaan akibat karena tidak layak mengemudi,”ungkap Kombes Taslim.

 

Untuk diketahui di Jawa Timur setiap hari antara 13-15 orang meninggal dan usia produktif antara 16-60 tahun yang diantaranya disebabkan kecelakaan lalulintas.

 

Oleh karenanya Kombes Taslim ingin materi uji teori untuk mendapatkan SIM ditingkatkan levelnya.

 

“Tujuannya menekankan kepada Masyarakat akan pentingnya pengetahuan tentang aturan dan tatatertib serta tata krama dalam berlalulintas,”ujar Kombes Taslim saat meninjau Satpas SIM di Colombo, Selasa (8/8).

 

Namun demikian Kombes Taslim meminta kepada Masyarakat tidak perlu khawatir gagal dalam mengikuti uji materi yang akan ditingkatkan.

 

Dirlantas Polda Jatim ini menyebut nantinya petugas juga telah menyiapkan panduan terkait soal – soal tersebut berupa buku elektronik yang bisa diunduh Masyarakat.

 

“Pada panduan itu Masyarakat bisa mempelajari dulu sebelum mengikuti ujian,”kata Kombes Taslim.

 

Pada buku panduan itu terdapat ratusan materi pengetahuan terkait kelalu lintasan yang harus dipahami Masyarakat yang nantinya wajib dilaksanakan dalam berkendara.

 

“Dengan peningkatan ujian materi, diharapkan pengetahuan dan pemahaman Masyarakat tentang lalu lintas mulai dari peraturanya hingga tata kramanya akan semakin matang,”pungkas Kombes Taslim.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tim Respati Polrestabes Surabaya Amankan 6 Pemuda Ala-ala Gengster TOK

20 Mei 2024 - 07:04 WIB

Satresnarkoba Polrestabes Surabaya Berhasil Amankan Pengedar Serta Pemakai Narkoba Jenis Sabu di Sidoarjo

20 Mei 2024 - 07:01 WIB

Oknum Polsek Sukomanunggal di Proses Propam

14 Mei 2024 - 05:19 WIB

Ramai Dugaan Penyuapan Senilai 2,5 Milliar Yang Diterima Unit PPA Polres Tanjung Perak, Apakah Propam Sudah Tak Fungsi

12 Mei 2024 - 12:23 WIB

Bebasnya Ketiga Tahanan Unit PPA, Bukti Buruknya Penanganan Perkara Di Polres Tanjung Perak 

5 Mei 2024 - 12:17 WIB

SINERGI PEMKOT DAN BPOM SURABAYA CIPTAKAN PASAR NAMBANGAN YANG AMAN DAN BERKUALITAS!

4 Mei 2024 - 00:56 WIB

Trending di Surabaya