Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Uncategorized · 16 Jul 2023 00:08 WIB ·

Gus Mujib Ajak Masyarakat Tingkatkan Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrim


 Gus Mujib Ajak Masyarakat Tingkatkan Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrim Perbesar

Pasuruan —Patroli Berita Indonesia

 

Untuk meminimalisir resiko terjadinya bencana alam, Plh. Bupati Pasuruan, Mujib Imron mengajak masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspaadaan. Hal itu dapat dilakukan dengan terus memaksimalkan mitigasi bencana secara mandiri.

Menurutnya, dibutuhkan kepekaan kolektif dalam menyikapi kondisi cuaca yang kurang bersahabat dalam beberapa hari terakhir. Utamanya fenomena alam angin kencang disertai suhu udara yang sangat dingin di malam hari.

“Kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Pasuruan. Kita harus antisipasi potensi terjadinya bencana alam, khususnya angin kencang. Hal itu dapat dilakukan dengan mitigasi bencana dengan beberapa upaya antisipasi yang dilakukan,” pintanya kepada seluruh warga Kabupaten Pasuruan pada hari Sabtu (15/7/2023) siang.

Disampaikan di sela-sela tinjauannya ke rumah Sutikah, warga Desa Kedemungan, Kecamatan Kejayan yang rusak parah akibat diterjang angin kencang pada Jumat (14/7/2023) sore kemarin, Gus Mujib juga menghimbau agar warga ekstra hati-hati dalam menghadapi peningkatan intensitas hidrometeorologis saat ini. Diantaranya dengan meningkatkan pengetahuan tentang angin puting beliung dan cara penyelamatan diri. Termasuk lebih jeli lagi dalam memperhatikan tanda-tanda terjadinya angin kencang. Seperti udara terasa panas kemudian muncul awan gelap.

“Kami mohon masyarakat semuanya dapat mengantisipasi potensi terjadinya bencana hidrometeorologi. Juga dapat menghindari istirahat malam di luar rumah karena hawa sangat dingin dalam beberapa hari terakhir,” kata Gus Mujib.

Diberitakan sebelumnya, angin kencang yang terjadi pada hari Jumat (14/7/2023) memporak-porandakan hunian tempat tinggal Sutikah. Kondisi itu langsung direspon cepat oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui beberapa Perangkat Daerahnya untuk kemudian dilakukan psaca penanggulangan bencana.

Selain diberikan bantuan sosial, rumah warga Desa Kedemungan, Kecamatan Kejayan tersebut segera dibangun kembali oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan. Dalam pelaksanaannya nanti akan terus dikoordinasikan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Desa setempat.

“Kami dari Pemkab Pasuruan atas nama Bapak Bupati berusaha untuk bisa membantu perbaikan rumah yang diterjang angin kencang. Kami harap, pada saat pembangunan rumah ada dukungan dari Pemerintah Desa. Pak Kepala Desa dan Pak Kasun, nanti dikoordinasikan dengan Dinas Perkim. Sekarang kami bagikan bantuan dari Dinsos dan BPBD. Ini adalah bentuk tanggungjawab kami untuk berkunjung ke sini. Mudah-mudahan semuanya sehat,” ujar Plh. Bupati.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

WALI KOTA ERI SIAPKAN FESTIVAL SAMBELAN MASUK RANGKAIAN HJKS TAHUN 2025

20 Mei 2024 - 22:40 WIB

FESTIVAL RUJAK ULEG 2024 USUNG TEMA ‘THE HISTORY OF RUJAK CINGUR’, WALI KOTA ERI CAHYADI: SIMBOL KEBERSAMAAN WARGA SURABAYA

20 Mei 2024 - 22:39 WIB

Pj. Bupati Andriyanto Berangkatkan 366 Calon Jamaah Haji (CJH) Kloter Pertama Kabupaten Pasuruan

20 Mei 2024 - 22:37 WIB

Hari Ini, 1095 CJH Kabupaten Pasuruan Diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo

20 Mei 2024 - 22:36 WIB

Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali

20 Mei 2024 - 22:34 WIB

Wakil ketua DPD Hanura Jatim Siap Mengabdi ke Bangkalan sebagai calon wakil Bupati Bangakalan

20 Mei 2024 - 13:02 WIB

Trending di Uncategorized