Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Uncategorized · 28 Agu 2023 09:00 WIB ·

Hadapi Digitalisasi Global, Menkominfo Ingatkan Jaga Kedaulatan Data


 Hadapi Digitalisasi Global, Menkominfo Ingatkan Jaga Kedaulatan Data Perbesar

Jakarta, Patroli Berita Indonesia

Indonesia telah menginisiasi pembahasan keamanan data di antara negara anggota G20, lewat Digital Economy Working Group Presidensi G20 Indonesia 2022. Ketika itu, Indonesia menekankan isu tentang cross-border data flow dan data free-flow with trust untuk menunjukkan peran penting data dalam memanfaatkan peluang ekonomi digital dengan prinsip transparansi, keabsahan, keadilan, dan timbal balik.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan persoalan kedaulatan data di tengah transformasi digital global memiliki arti penting. Menurutnya Indonesia perlu memberikan perhatian dalam kedaulatan data.

“Saya sudah diskusi dengan beberapa orang, kalau data Indonesia yang harus kita jaga yaitu data keuangan harus di Indonesia. Karena data keuangan kita ini vital, seluruh negara di dunia ketika ada apa-apa pasti lihat data keuangan. Kantong yang murni kita harus tahu, jangan negara lain tahu,” ungkapnya dalam sesi diskusi Chairul Tanjung Way Beyond Politics di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (27/08/2023).

Data keuangan memiliki arti penting bagi setiap negara. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia menegaskan arti penting pelindungan terhadap data keuangan negara. Menteri Budi Arie menegaskan arti penting keamanan data juga menjadi satu dari tiga isu dalam pembahasan Digital Economy Working Group Presidensi G20 India 2023.

“Yang pertama infrastruktur digital; yang kedua upskilling digital talent untuk meningkatkan kemampuan literasi digital buat seluruh masyarakat; dan ketiga ini yang penting yaitu security in digital economy, keamanan, ini soal kedaulatan data,” tandasnya.

Menurut Menkominfo berkaitan dengan keamanan data antarnegara, dalam DEWG Presidensi G20 India 2023, Pemerintah Jepang mengusulkan konsep data free flow with trust atau pertukaran data berbasis kepercayaan. Menteri Budi Arie menyatakan konsep tersebut selaras dengan usulan Indonesia dalam pertemuan sebelumnya.

“Jepang mengusulkan data free flow with trust. Jadi data mengalir bebas tapi kita mau pakainya sama (berbasis) kepercayaan, karena Jepang selalu maju dari beberapa negara karena mereka value-nya ada seperti ke Asia maupun wilayah Timur,” ujarnya.

Dalam Ngobrol untuk Indonesia Maju, hadir Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan pendiri sekaligus pimpinan CT Corp dan Trans TV Chairul Tanjung.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

WALI KOTA ERI SIAPKAN FESTIVAL SAMBELAN MASUK RANGKAIAN HJKS TAHUN 2025

20 Mei 2024 - 22:40 WIB

FESTIVAL RUJAK ULEG 2024 USUNG TEMA ‘THE HISTORY OF RUJAK CINGUR’, WALI KOTA ERI CAHYADI: SIMBOL KEBERSAMAAN WARGA SURABAYA

20 Mei 2024 - 22:39 WIB

Pj. Bupati Andriyanto Berangkatkan 366 Calon Jamaah Haji (CJH) Kloter Pertama Kabupaten Pasuruan

20 Mei 2024 - 22:37 WIB

Hari Ini, 1095 CJH Kabupaten Pasuruan Diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo

20 Mei 2024 - 22:36 WIB

Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali

20 Mei 2024 - 22:34 WIB

Wakil ketua DPD Hanura Jatim Siap Mengabdi ke Bangkalan sebagai calon wakil Bupati Bangakalan

20 Mei 2024 - 13:02 WIB

Trending di Uncategorized