Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Agama · 8 Jul 2023 12:45 WIB ·

Senyuman Adalah Ibadah Penghuni Surga, Berikut Penjelasan KH. R. Zainuddin Husni SH MH


 Senyuman Adalah Ibadah Penghuni Surga, Berikut Penjelasan KH. R. Zainuddin Husni SH MH Perbesar

Pondok Pesantren Tarbiyatul Qulub – Patroliberitaindonesia.com, Senyuman adalah ungkapan perasaan kebahagiaan dan kegembiraan. Dan seringkali senyuman dilakukan tanpa kita sadari dan dapat menyalurkan energi positif untuk sekitar.

Islam mengajarkan agar kita menampilkan wajah cerah dan ceria di hadapan orang lain. Sebaliknya Islam melarang umat Islam bermuka masam walaupun sebenarnya keadaan kita sedang kurang baik untuk tersenyum.

Sebagaimana kisah dalam Surat Abasa. Islam melalui banyak hadits menganjurkan umatnya untuk bermuka cerah dan ceria terhadap orang lain.

Dalam riwayat Muslim berikut ini, memasukkan penampilan dengan wajah cerah dan ceria ke dalam kebaikan yang diterima oleh semua orang. (Imam Zakiyuddin Abdul Azhim Al-Mundziri, At-Targhib wat Tarhib minal Haditsis Syarif [Beirut, Darul Fikr: 1998 M/1418 H], juz III, halaman 340-342).

“Dari sahabat Abu Dzar ra, ia berkata, Rasulullah saw bersabda, ‘Jangan kamu meremehkan suatu perbuatan baik sekecil apapun meski kamu hanya bertatap muka dengan saudaramu dengan wajah cerah dan ceria,’” (HR Muslim).

Pada riwayat hadits lain, wajah cerah dan ceria di hadapan publik memiliki nilai ibadah sedekah. Artinya, catatan sedekah tidak hanya berlaku untuk pemberian uang atau makanan kepada orang lain, tetapi juga termasuk wajah cerah dan ceria di depan orang lain.

Artinya: “Dari sahabat Abu Dzar ra, ia berkata, Rasulullah saw bersabda, ‘Senyummu di hadapan saudaramu bernilai sedekah. Amar makruf dan nahi mungkarmu juga bernilai sedekah. Bantuan petunjukmu pada seseorang yang tersasar di suatu tempat pun bernilai sedekah. Penyingkiranmu atas benda menyakitkan, duri, dan tulang dari jalan juga bernilai sedekah. Pemberian air dari timbamu ke timba saudaramu juga bernilai sedekah,” (HR At-Tirmidzi).

Adapun riwayat At-Thabrani berikut ini memasukkan bahasa yang baik sebagai salah satu amal ibadah yang dapat mengantarkan seseorang masuk surga karena wajah cerah dan bahasa yang enak terbilang kebaikan dalam Islam.

Artinya: “Dari sahabat Miqdam bin Syuraih, dari ayahnya, dari kakeknya ra, ia berkata, aku bilang kepada Rasulullah saw, ‘Wahai Rasulullah, katakanlah sesuatu kepadaku amalan yang membuatku masuk surga.’ Rasulullah saw menjawab, ‘(Amal) yang menyebabkan masuk surga adalah memberi makan, menebar salam, dan ucapan yang baik,’” (HR At-Thabarani).

Sebenarnya senyum adalah hal mudah, hanya saja kita belum terbiasa melakukannya. Tersenyum juga merupakan ibadah yang paling mudah untuk dilakukan, dengan tersenyum menandakan kita mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada kita melalui senyuman.

WaAllahu a’lam

Pimpinan Umum Pondok Pesantren Tarbiyatul Qulub
KH R Zainuddin Husni SH MH
Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tim Respati Polrestabes Surabaya Amankan 6 Pemuda Ala-ala Gengster TOK

20 Mei 2024 - 07:04 WIB

Satresnarkoba Polrestabes Surabaya Berhasil Amankan Pengedar Serta Pemakai Narkoba Jenis Sabu di Sidoarjo

20 Mei 2024 - 07:01 WIB

Oknum Polsek Sukomanunggal di Proses Propam

14 Mei 2024 - 05:19 WIB

Ramai Dugaan Penyuapan Senilai 2,5 Milliar Yang Diterima Unit PPA Polres Tanjung Perak, Apakah Propam Sudah Tak Fungsi

12 Mei 2024 - 12:23 WIB

Bebasnya Ketiga Tahanan Unit PPA, Bukti Buruknya Penanganan Perkara Di Polres Tanjung Perak 

5 Mei 2024 - 12:17 WIB

SINERGI PEMKOT DAN BPOM SURABAYA CIPTAKAN PASAR NAMBANGAN YANG AMAN DAN BERKUALITAS!

4 Mei 2024 - 00:56 WIB

Trending di Surabaya