Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Ngawi · 25 Sep 2023 07:35 WIB ·

Sinergitas Polisi bersama TNI dan RPH Berhasil Padamkan Api di Gunung Lawu Petak 39 Ngawi


 Sinergitas Polisi bersama TNI dan RPH Berhasil Padamkan Api di Gunung Lawu Petak 39 Ngawi Perbesar

NGAWI — Patroli Berita Indonesia

 

Hutan Gunung Lawu petak 39 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Manyul, Bagian Kesatuan Pengelola Hutan (BKPH) Lawu Utara Jogorogo, Ngawi mengalami kebakaran.

 

Plt Kasi Humas Iptu Dian menjelaskan bahwa kebakaran tersebut terjadi di Dusun Kembang Desa Girimulyo Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi.

 

“Kebakaran terjadi pada Minggu (24/9/2023) di hutan gunung Lawu, petak 39 RPH masuk Dusun Kembang Desa Girimulyo Kecamatan Jogorogo,” kata Dian

 

Namun kebakaran tersebut kata Iptu Dian berhasil dipadamkan oleh petugas dari RPH, Polsek Jogorogo,TNI dan relawan hari itu juga.

 

“Api berhasil dipadamkan sore harinya, namun demikian setelah api padam, pemantauan kepulan asap tetap dilaksanakan,” terang Iptu Dian, Senin (25/9).

 

Jumlah luas hutan yang terbakar kata Iptu Dian sekitar 3 (tiga) hektar.

 

Sebelumnya di sekitar lokasi juga sempat mengalami kebakaran pada tanggal 4 September 2023 lalu dan berhasil dipadamkan.

 

Iptu Dian menjelaskan, kebakaran tersebut dilaporkan oleh warga setempat ketika hendak mencari rumput untuk makan ternak.

 

“Warga melihat asap yang berasal dari hutan Lawu, setelah itu bersama rekannya melaporkan kejadian pada kapolsek Jogorogo,” kata Iptu Dian.

 

Upaya yang dilakukan Polsek Jogorogo adalah berusaha membuat ilaran (memisahkan kayu dan daun-daunan agar api tidak dapat menjalar) dan memantau perkembangan api, bersama TNI, warga masyarakat dan juga perhutani.

 

“Upaya Polri bersama TNI, Perhutani dan warga agar api tidak luas menyebar adalah membuat ilaran dan tetap memantau perkembangan api,” terang Iptu Dian.

 

Di tempat terpisah, Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono, S.H., S.I.K., M.Si., mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati saat berkegiatan di wilayah hutan, karena hawa panas dapat mempercepat kebakaran.

 

“Kami himbau, agar masyarakat berhati-hati bila berkegiatan di dalam hutan, saat ini musim kemarau. Mari bersama jaga hutan dari kebakaran,”tegas AKBP Argo.

 

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat, agar turut menjaga kelestarian lingkungan dan bebas dari kebakaran.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Warga PSHT Kedunggalar Ngawi, Lakukan Pembongkaran Tugu di Tempat Umum 

7 Agustus 2023 - 05:11 WIB

Polisi RW Patroli Dialogis dengan Petani Jaga Ketahanan Pangan di Ngawi

31 Juli 2023 - 10:32 WIB

Operasi Patuh Semeru 2023 Polisi Berbagi Helm Gratis di Ngawi

18 Juli 2023 - 06:51 WIB

Trending di Ngawi

Sorry. No data so far.