Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Uncategorized · 31 Jul 2023 00:52 WIB ·

Sudah 40 Hari Mengabdi, Lepas Pulang Mahasiswa IPB yang KKNT di Ponorogo


 Sudah 40 Hari Mengabdi, Lepas Pulang Mahasiswa IPB yang KKNT di Ponorogo Perbesar

 

Ponorogo, Patroli Berita Indonesia

Transfer inovasi dan teknologi terjadi ketika puluhan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan kuliah kerja nyata tematik (KKNT) di Kabupaten Ponorogo. Bupati Sugiri Sancoko merasakan faedah dari kegiatan intrakurikuler kampus kenamaan itu.

‘’Merupakan sebuah kebanggaan karena Ponorogo mendapat perhatian dari IPB,’’ kata Bupati Sugiri Sancoko, ketika melepas kepulangan 90 mahasiswa KKNT IPB, Sabtu (29/7/2023).

Puluhan mahasiswa IPB selama 40 hari menempuh KKNT di sejumlah desa di Kecamatan Jetis dan Sooko. Ponorogo menjadi pilihan karena memiliki luasan lahan pertanian sekitar 33.468,70 hektare. Kang Bupati berharap para mahasiswa membantu memajukan pertanian di Ponorogo dengan sejumlah inovasi. ‘’Ini sudah terjadi di sejumlah desa yang menjadi tujuan KKNT,’’ terangnya.

Para mahasiswa didampingi lima dosen pendamping lapangan dan seorang dosen koordinator wilayah selama berkontribusi dalam memotivasi serta mentransfer ilmu pengetahuan ke masyarakat. Wakil Dekan Teknik Pertanian IPB Fery Kusnandar menyarankan agar Pemkab Ponorogo mengidentifikasi sejumlah permasalahan di desa yang akan menjadi tujuan KKNT.

‘’Kami akan menurunkan mahasiswa dari jurusan dan program studi yang sesuai,’’ jelasnya.

Menurut dia, mahasiswa saat KKNT mengimplementasikan disiplin ilmu yang sudah didapatkan selama masa perkuliahan. Mereka juga didorong menciptakan teknologi tepat guna sesuai jurusan dan program studi. ‘

’Sebagai contoh, ada masyarakat yang bertanya ke mahasiswa tentang bagaimana cara mengawetkan jagung setelah panen. Itu ranahnya mahasiswa jurusan teknologi pertanian yang mendapatkan mata kuliah tatakelola pasca panen,’’ jelasnya.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

WALI KOTA ERI SIAPKAN FESTIVAL SAMBELAN MASUK RANGKAIAN HJKS TAHUN 2025

20 Mei 2024 - 22:40 WIB

FESTIVAL RUJAK ULEG 2024 USUNG TEMA ‘THE HISTORY OF RUJAK CINGUR’, WALI KOTA ERI CAHYADI: SIMBOL KEBERSAMAAN WARGA SURABAYA

20 Mei 2024 - 22:39 WIB

Pj. Bupati Andriyanto Berangkatkan 366 Calon Jamaah Haji (CJH) Kloter Pertama Kabupaten Pasuruan

20 Mei 2024 - 22:37 WIB

Hari Ini, 1095 CJH Kabupaten Pasuruan Diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo

20 Mei 2024 - 22:36 WIB

Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali

20 Mei 2024 - 22:34 WIB

Wakil ketua DPD Hanura Jatim Siap Mengabdi ke Bangkalan sebagai calon wakil Bupati Bangakalan

20 Mei 2024 - 13:02 WIB

Trending di Uncategorized